Tinta terbaik untuk kertas decal

Posted by Rindra Sulistiyono on Oktober 13, 2015 with No comments
Setelah sekian lamanya  menjual produk kertas decal Tulis Russell , dengan customer dari seluruh Indonesia. Namun demikian, masih banyak yang tidak mengerti bagaimana cara menggunakannya dan menanyakan bisa untuk tinta apa, dan sebagainya. Untuk itu, saya perlu sekali lagi untuk memperjelas Tinta apa yang bisa dan baik untuk produk kertas decal ini.

Tinta yang terbaik saya mulai dari yang pertama:
1. Tinta dari cat keramik, cat plastik, cat kertas dan semua cat yang bisa di sablon ( screen printing ).Dengan kata lain sangat bagus untuk proses sablon. Biasanya digunakan pada produksi keramik, helm, sepeda, sepeda motor dll Tingkat kesulitan: Harus mengerti sablon
2. Printer Laser: Peringkat kedua ada yang dihasilkan dengan printer laser baik hitam, atau berwarna. tingkat kesulitan: Sangat mudah
3. Printer Injet dengan tinta Pigment atau Durabrite. Hasil cetak menyamai printer Laser. Tingkat kesulitan: Mudah dan sedang
4. Printer Inkjet dengan tinta Art Paper. Hasil cetak warna blog bagus tidak memerlukan talc. Untuk cetak warna memerlukan gosok dengan talc. Hampir menyamai tinta sublim. Tingkat kesulitan : Sedang dan sulit.

5. Printer Inkjet dengan tinta Sublim : Hasil cetak warna blog tidak memerlukan talc. Untuk cetak foto perlu talc. Tingkat kesulitan: Sulit. Perlu penangan khusus misalnya harus digosok dengan bedak Talc.
6. Printer Inkjet dengan tinta Dye: Tidak boleh menggunakan tinta ini. Setelah dicelup air gambar akan luntur dan hilang.
Setelah membaca penjelasan saya diatas, kesimpulannya adalah selain tinta dye, yang lain bisa menggunakan kertas decal ini. Tentunya dengan kesulitannya  masing-masing.
Dibawah ini ada beberapa hasil percobaan saya menggunakan Printer Laser dan Pigment/ Durabrite, foto dengan tinta sublim sudah banyak saya tampilkan sebelum artikel ini.
Kiri : Tinta Pigmen/Durabrite. Kanan: Tinta Laser. Kepekatannya terlihat lebih pekat tinta Pigmen.
Tinta Pigmen dengan kertas decal diaplikasikan di mug. Lebih rapi dan bagus dibandingkan dengan tinta Sublim.
Tinta Pigment/Durabrite diaplikasikan ke Gelas yang di etsa ( Frosted Glass ). Sebelah kiri luar dalam dietsa, Kanan yang dietsa bagian luar saja. Terlihat Coating pilox menjadi transparant.

 Sumber Referensi : Bpk. Fransh Hartanto(CEO keramik88.com)