Apa Itu Kertas Decal

Posted by Rindra Sulistiyono on September 16, 2015 with No comments
Inkjet Water-Slide Decal Paper atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan Kertas decal adalah salah satu jenis tranfer paper (kertas tranfer) yang permukaanya dilapisi lem kusus  sehingga bila ada lapisan varnish di atasnya bisa terangkat atau lepas ketika di celup ke air. Hal ini lah yangmembuat kertas decal juga di sebut kertas air atau stiker air. Lapisan Varnish itu (gambar dekorasi)  bisa dipindah ( transfer ) ke media apa saja asal permukaannya halus dan tidak meresap. Gambar yang dicetak menggunakan kertas decal bisa diaplikasikan kepermukaan : Gelas, metal ( besi, baja, aluminium ), keramik, terracotta, kayu, peralatan rumah tangga, lilin hias, mainan anak-anak dari plastic, peralatan pancing ikan, mobil, sepeda motor, helm, pigura, sampul buku atau sampul album, sabun, …banyak sekali yang lainnya. 


Peralatan dan bahan untuk bekerja menggunakan kertas decal


Ini adalah beberapa aplikasi kertas decal pada beberapa media :





 Water-Slide Decal yang diaplikasikan ke Mug Keramik tanpa coating.


Mug diatas memakai Kertas Decal, setelah dipanasi di oven 100 derajat selama 5 menit hasilnya lebih kuat, hampir menyamai mug yang memakai alat press pemanas.








Mug ini berukuran besar dan memiliki permukaan yang tidak rata
jadi kan sangat sulit jika di sablon manual ataupun dengan di press menggunakan pemanas.
Solusinya hanyalah dengan memakai kertas decal. Mug jar  Anda bisa dapatkan disni


Kertas Decal Juga bisa diaplikasikan diberbagai permukaan benda
termasuk lilin dan yang populer baru2 ini untuk stiker kuku
cara membuatnya anda bisa pelajari disini









Cangkir enamel Seng hanya bisa di sablon manual dengan 1 warna
saja tetapi dengan kertas decal kita biasa membuatnya full color
Water-Slide Decal yang diaplikasikan ke Cangkir dari Stainless
Anda bisa pesan cangkir enamel custom gambar dengan harga paling murah disini
Atau klau mau bikin sendiri silahkan simak tutorialnya disini




Water-Slide Decal yang diaplikasikan ke lilin.   

Beberapa hasil dekorasi diatas adalah aplikasi Water slide Decal Paper dengan macam2 perlakuan finishing. Maksud Saya Kalau ditempel di benda tahan panas Anda bisa menambah daya tahanya dengan memasukannya dalam oven roto dengan temperatur 100 derajat selama 5-10 menit
Kalau ditempel dibenda yang tidak tahan panas, anda tidak perlu melakukan pengovenan cukup menggunakan hairdryer atau hot gun saja

Water slide Decal Paper pada awalnya digunakan oleh perusahaan keramik untuk keperluan decorasi dengan menggunakan teknik Sablon Manual dan tentunya menggunakan tinta keramik yang harus di oven  dengan temperatur lebih dari 500 derajat ada juga yang sampai 800 derajat.
Namun seiring perkembangan teknologi cetak printing kertas decal kemudian dimodifikasi sehingga bisa diprint. Berikut jenis-jenis kertas decal sesuai dengan teknik dan support tintanya :
  1. Decal Sablon
Decal Sablon  merupakan Water slide Decal Paper pertama atau orang menyebutnya decal Asli (original) karena belum dimodifikasi dengan cairan apapun. Kertas ini sebetulnya digunakan di industry keramik, disablon menggunakan warna yang tahan sampai 600 dan ada yang sampai 800 derajat celcius. Kertas Decal Sablon ini tidak bisa diprint (Luntur) dan  hanya bisa digunakan  dengan teknik sablon manual dengan menggunakan cat kusus baik itu cat gelas, cat plastik atau cat keramik.  Biasanya Ukurannya 50 x 70 cm Transparant
  1. Decal Laser
Perlu Anda ketahui Kertas  Decal Sablon akan lengket jika dipaksa diprint menggunakan printer laser. Padaha,l produksi cetak menggunakan printer laser bisa lebih cepat dan tidak luntur. Karena Hal itulah decal Laser diproduksi. Kertas Decal Laser Yaitu Kertas decal yang sudah dimodifikasi dengan Coating khusus laser sehingga tidak lengket ketika diprint menggunakan printer laser.Decal ini sangat cocok untuk produksi banyak karena hargannya ekonomis dan juga proses printnya lebih cepat. Decal laser ini biasa digunakan untuk dekorasi motor, helm dan lain2.
Dijual dengan ukuran A4 dan A3 transparant. Decal ini bisa dicetak dengan tinta pigment tapi hasilnya kurang memuaskan
  1. Decal Sublim & Pigment
Decal Sublim & Pigment adalah Water slide Decal Paper dengan caoting kusus sehingga support untuk diprint/dicetak menggunakan tinta sublim. Kertas Decal Sublim ini juga sangat baik digunakan untuk printer laser mupun printer dengan tinta pigment, durabrite dan artpaper. Harga sedikit lebih mahal dibanding dengan decal laser tapi untu kualitas memang beda. Hasil cetak mengguanakan decal sublim akan terlihan lebih pekat dibanding dengan decal yang lain. Pemakai printer bertinta pigment dan durabrite sering menggunakan kertas decal sublim ini untuk kperluan decorasi outdor. Biasanya dicual dalam ukuran A4
  1. Decal Tinta Biasa (Dye)
Decal tinta biasa (Dye) ialah Water slide Decal Paperdengan double coating kusus (mirip plastik) sehingga support untuk anda yang hanya memiliki printer dengan tinta inject biasa (Dye). Coating kusus yang mirip plastik ini berfungsi untuk  melindungi tinta agar tidak bersentuhan langsung dengan air ketika akan dicelup  (biar nggak luntur). Nah inilah yang menyebabkan harganya sedikit lebih mahal dari pada decal yang lain. Untuk decal jenis ini ada 2 warna yaitu Transparant dan Putih (untuk baground putih biasa dipakai untuk decorasi gelas bening sehingga decorasinya lebih terlihat)
Dengan Kertas Decal yang sekarang bisa di print, Kita akan sangat mudah dan praktis membuat decorasi   pada permukaan benda apapun . Berikut gambaran alat dan bahan yang agan butuhkan :
  1. Printer Epson dengan tinta Pigment, Durabrite, Sublim, Art Paper, Printer laser, atau Dye
  2. Water Slide Decal Paper
  3. Acrylic Crystal Clear High Gloss spray (pilox)
  Gambar sederhana pengunaanya : Print  Decal > Coating Pilox > Tempel (Trasfer) > Oven
Tutorial cara pemakaian kertas decal Lebih Detailnya bisa anda baca pada postikan kami di sini



Hiasan menggunakan Kertas decal dan printer inkjet ini tidak perlu dibakar, sehingga sangat mudah sekali membuatnya dan sangat menyenangkan. Tuangkan imaginasimu memakai Kertas Decal dan printer yang tentunya sudah banyak yang punya.   Bahan yang diperlukan
:
  1.Printer Epson dengan tinta Pigment, Durabrite, Sublim, Art Paper. Tinta Epson yang asli ( Durabrite ) sebelum anda mengganti tinta baru, tahan air. Setelah diganti dye infus luntur bila dicelup air. Tinta ini tidak dianjurkan karena waktu dicelup dan akan dipindahkan, gambarnya luntur tidak lengket pada varnish. Tinta Durabrite adalah tinta pigment yang tahan terhadap air, tidak luntur, cocok untuk keperluan ini. Dan tinta ini ( katanya ) soalnya saya belum coba sekian lamanya, tahan sampai 20 tahun. Tidak pudar. Dan terakhir bila memakai Tinta Sublim ada perlakuan yang berbeda. Tinta sublime ini dipergunakan untuk membuat hiasan di mug yang sudah di coating, dan memakai kertas sublime. Tinta ini juga sangat baik untuk gambar dikaos. Untuk water Slide Decal Paper, memang tidak akan luntur karena berbasis minyak, sedang Acrylic Crystal Clear juga berbasis minyak, jadi kalau terlalu tebal lapisannya, gambar akan sedikit blur. Dan yang juga penting, adalah pengaturan ( setting) di Adobe Photoshop. Contoh foto diatas semua memakai tinta Sublime, saya bukan mempromosikan tinta sublime untuk keperluan ini, tetapi yang saya punya saat ini ya hanya printer Epson dengan infuse tinta sublime.

 2. Water Slide Decal Paper, Kertas ini sebetulnya digunakan di industry keramik, disablon menggunakan warna yang tahan sampai 600 dan ada yang sampai 800 derajat celcius. Jadi setelah penempelan ( transfer ) dipermukaan keramik memerlukan tungku/oven yang bisa menghasilkan panas sampai 900 derajat celcius, bila tinta cetaknya adalah warna keramik. Tetapi bila tinta cetak memakai tinta inkjet tidak memerlukan tungku. Water Slide Decal Paper ini adalah kertas yang mampu menyerap air, yang dilapisi lem yang mudah lebur bila bersentuhan dengan air, jadi bila diatasnya dicetak, sablon, di timpa varnish, cover coat atau film solution, cetakan atau hasil sablon diikat dengan varnish tersebut bisa dipindahkan ke semua media yang halus dan tidak meresap.


 3. Acrylic Crystal Clear High Gloss spray. Ini semacam Varnish dengan berbagai merk yang bisa anda dapatkan ditoko cat atau ditoko besi. Saya membeli beberapa merk untuk menulis artikel ini, karena waktu saya mencoba untuk pertama kali, saya mendapat Clear Acrylic yang keras, maksudnya setelah saya masukkan kedalam air, setelah lepas, lapisan clear mudah sobek dan hancur. Saya membeli 3 macam Clear untuk saya bandingkan, dan untuk mengetahui Clear apa yang cocokWater Slide Decal.




Saya tidak bermaksud untuk promosi atau menjelekkan suatu produk, tetapi saya akan share Clear mana yang cocok untuk water slide decals. Pylox: ( kiri ) adalah produk yang paling cocok karena lebih lunak artinya meskipun sudah kering masih lentur tidak mudah sobek asal tidak lebih dari 1 hari apalagi lebih lama lagi, mudah robek waktu digeser setelah dicelup air. . Suzuka: (tengah)Cukup baik untuk Water Slide Decal, setelah kering juga masih lentur, masih bisa digunakan. RJ: (kanan) ini adalah clear yang pertama saya dapatkan, tidak bisa digunakan pada Water Slide Decal ini karena Hard Type, yang artinya setelah kering mudah patah, sobek.   


Cara membuat Water Slide Decal


Hasil cetak menggunakan tinta sublim sebelum dilapisi Clear, terlihat buram.


Hasil cetak menggunakan tinta sublim setelah dilapisi Clear, terlihat lebih terang dan mengkilap. Cetak gambar yang anda pilih dari computer anda, yang sudah diolah melalui software pemgolah gambar, seperti Photoshop dlsb. Quality : Best Photo Paper : Epson Premium Glossy Setelah selesai mencetak, keringkan dulu sebentar dengan temperature ruangan. Semprotkan spray jangan terlalu dekat atau terlalu jauh kurang lebih 20-30 cm. Ulangi secara merata 2-3 kali. Setelah itu keringkan diudara terbuka, atau memakai Hair Dryer, jangan terlalu dekat karena berakibat permukaan kurang mengkilap atau terjadi buble Setelah kering potong dengan gunting tepi sekeliling gambar jarak tepi gambar 2-5 mm. Masukkan kedalam air, tunggu beberapa menit sampai lapisan varnish bisa tergeser dari kertas. Basahi dulu permukaan media yang akan ditempel agar waktu ditempel mudah untuk menggesernya. Gosok perlahan dengan kain atau karet tipis agar gelembung udara bisa keluar. Agar lebih kuat masukkan kedalam oven roti, panaskan 80-100 derajat celcius selama 5-10 menit. Bila anda tidak mempunyai oven, Setelah tempelan di mug sudah kering betul, bisa di semprot/spray lagi dengan Pilox.   Video lainnya bisa anda lihat dibawah ini


Semoga bermanfaat.