Belajar Menggunakan Kertas Decal

Posted by Rindra Sulistiyono on Juli 28, 2016 with No comments


Dear Customer
Karena masih banyak  yang belum tahu cara menggunakan kertas decal, saya harap Tutorial  ini dapat membantu Memberi penjelasan dan gambaran kepada Customer.
Berikut Langkah- langkah menggunakan kertas decal  :
  • Pertama siapkan dulu kertas decal, yang sesuai dengan tinta yang anda miliki. Bila anda tidak memiliki printer dengan tinta yang sesuai, anda bisa menggunakan jasa cetak.  Jasa cetak melayani terbatas hanya mencetak saja, sedang coating pilox dilakukan oleh pemesan, mengingat sifat pilox yang semakin lama semakin keras dan mudah pecah ketika dicelup air.
  • Print Gambar yang akan dicetak pada kertas decal
  • Setelah gambar tercetak, jangan sampai terkena tangan atau tersentuh. Jangan tertekuk. Jangan kena kuku.Tunggu sampai kering  (bisa dikeringkan  dengan  hairdryer)
  • Setelah kertas decal di cetak, tutup dengan lapisan ( coating ) saya sarankan memakai Clear Pilox.  Semprotkan pilox dengan jarak kurang lebih 30 cm dari permukaan kertas, dan usahakan letak kertas seperti pada foto dibawah ini, pada ruangan terbuka, yang tidak banyak angin.Cara melapis dengan Pilox Supaya hasilnya tetap dan tidak kabur (Luntur), caranya:  Semprotan pertama harus tipis dan perlu dikeringkan dulu  sebentar 1-5 menit (asal kering) setelah lumayan kering ditimpa lagi dengan semprotan kedua dan ketiga.
pilox-300x268
  • Keringkan pada suhu ruangan, selama 1 – 2 jam. Jangan terburu-buru menggunakan Hair dryer atau dijemur dipanas matahari karena akan membuat lapisan pilox mudah sobek ketika dicelup air (tapi kalo butuh cepat bisa pakai hairdryer)
  • Setelah kering betul kertas decal  bisa digunakan (kertas yang sudah di coating pilox penggunakaanya jangan lebih dari 2 hari karena piloxnya bisa mengeras dan mudah robek, kalo menginginkan coating yang bisa tahan lama, anda bisa pake clear covercoat untuk coatingannya *syaratnya tau teknik sablon anda bisa membelinya disini
  • Gunting kertas decal pada gambar yang dibutuhkan, jaraknya 2-3 mm dari tepi gambar atau sesuai kebutuhan.
Menggunting Kertas Decal

  • Masukkan kedalam air, permukaan yang ada coatingnya pada bagian atas, kertas yang mudah menyerap air ada pada bagian bawah. Kertas akan melengkung bila dicelup air, anda bisa meluruskannya, tunggu beberapa saat, sampai keseluruhan lapisan coating bisa digeser ( slide)

  • Geser sedikit lapisan coating hingga keluar beberapa mm dari kertas decal.

  • Tempelkan diatas permukaan objek  mug/kaca/kayu. Tahan lapisan coating yang telah digeser sedikit dengan jari tangan kiri, tarik kertas decal dengan tangan kanan perlahan sampai terlepas, menempel semua kepermukaan Objek danGeser pada posisi yang tepat.
Menempel kertas decal di mug

  • Ratakan dan hilangkan sisa air dan gelembung yang berada dibawah lapisan coating memakai spon lunak ,kaos tangan benang atau sisa kain woll.
menggosok decal dengan spon lunak
  • Setelah dipastikan sisa air dan gelembung tidak terlihat, sekarang anda bisa memakai hairdryer, saya sarankan memakai hair dryer 2000 watt ( yang dipakai di salon potong rambut ) untuk memperoleh hasil yang maksimal atau dimasukkan kedalam oven roti dengan suhu 100-150 derajat selama 10-15 menit.
*catatan
*lapisan coating tidak bisa dihilangkan (Fungsinya sebagai pelindung dari goresan dan cuaca)
*Jika menginginkan coatingnya hilang ada 3 cara :
(Jika disablon) pakai oven temperature tinggi  min 500 derajat tetapi harus memakai tinta sablon keramik
Pakai kombinasi antara Protection Dan stripable Coating (Coating yang bisa dikelupas) Anda bisa membelinya disini  dan disini
Terimakasih
Semoga bermanfaat, selamat berkarya