Trik Membuat Kertas Decal Putih

Posted by Rindra Sulistiyono on Juli 28, 2016 with No comments


Anda pasti sudah tahu kertas decal ada 2 warna yaitu transparant dan juga warna putih.Warna yang dimaksud adalah warna baground kertas yang nantinya  akan menjadi warna latar (baground) dari gambar yang dicetak diatasnya..Decal putih digunakan untuk diaplikasikan ke permukaan gelas, dan media gelap lainnya. Kertas decal Transparant sudah umum tetapi yang warna  putih belum banyak yang jual kalaulah ada harganya juga lebih mahal dari pada decal transparant. Dari pada beli mahal mending buat sendiri berikut tips triknya :
  1. Siapkan gambar yang akan diprint
  2. Print miror (terbalik) gambar Dengan Kertas Decal Transparant sesuai dengan jenis tinta kertas decal anda
  3. Setelah cukup kering semprot dengan pilox warna putih ( bukan clear)

IMG_20150920_174147
  1. Setelah kering siap dicelup dan ditempel
  2. Proses penempelanya dibalik. Permukaan pilox putih berada yang berada dibawah/ yang bersentuhan dengan benda yang akan ditempel. Sehingga bagroudnya akan menjadi putih
  3. Lap dan oven 100 derajat selama 5-10 menit
IMG_20150920_200051
Pasti ada yang bertanya, mestinya lem pada kertas decal yang membantu merekatkan, kalau ini berarti lemnya terbuang, karena yang nempel coating piloxnya. Betul. lemnya dibuang.
Tetapi nempel atau merekatnya bukan tergantung lemnya saja. Tetapi tergantung dari coating juga. Kalau coatingnya keras, daya rekatnya juga kurang .
Setelah saya tempel dan kering, selang beberapa hari saya gores dengan kuku, terutama bagian tepi coating, sangat mudah tergores. Karena itu saya  coba masukkan oven roti pada suhu 100 derajat selama 10 menit, setelah dingin saya gores dengan kuku lagi, lapisan coating udah kuat sekali.
Semoga bermanfaat, jangan percaya tulisan saya, sebelum anda mencobanya sendiri.
Gimana ada gambaran selamat mencoba selamat berkarya  J