Membuat Merchandise Gelas Pokemon

Posted by Rindra Sulistiyono on Juli 28, 2016 with No comments





Siapa yang nggak tau Pokemon Go? Ya Game yang sedang booming dan digandrungi remaja kita saat ini. Keunikan dari Pokemon Go adalah, mereka akan 'memaksa'mu untuk pergi ke luar dari rumah guna berburu Pokemon. Pokemon-Pokemon tersebut akan
kamu temukan dengan menjelajah 'petunjuk' pada layar smartphonemu yang juga berfungsi sebagai GPS. Nantinya kamu akan menemukan Pokemon di tempat-tempat yang tak terduga, bahkan di tempat yang 'tidak sepantasnya'.


Karena terbiasa melihat Pokemon di layar TV dan dunia game, publik pun antusias ketika bisa menemukan Pokemon di dunia nyata (meskipun dalam wujud virtual) -- melalui kamera yang ada di smartphone mereka. Hal itulah yang membuat game ini sangat populer dan bahkan menjadi aplikasi nomor satu di Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru -- hanya dalam beberapa hari sejak resmi dirilis.
Selain karena teknologinya, alasan yang membuat Pokemon Go menjadi booming adalah karakter Pokemon yang merupakan tokoh animasi terkenal yang sudah tak asing lagi bagi kita semua. Jadi perpaduan teknologi dan 'merek dagang' yang kuat -- membuat game ini semakin digilai pecinta game mobile di seluruh dunia.
Meskipun baru dirilis dibeberapa negara, kepopuleran Pokemon Go sudah masuk ke Indonesia karena game ini bisa didownload disitus2 yang tersebar di internet
Sedikit Intermezo hehe
Yaah kita Bolehlah dan wajar saja Kagum sama perkembangan teknologi Sekarang tapi masak cuman kagum saja ?
Yuk Bikin Sesuatu (Berkarya)!!!
Nah Kali ini Homedia Mau Men- Share Tutorial Unik membuat Merchandise Gelas Pokemon Go yang saat ini lagi Booming yaa kali aja bisa menginspirasi pembaca

Gelas Pokemon 88 
STEP 1
Gelas Pokemon 1

siapkan dlu alat dan bahanya :
 1. Kertas decal Sublim2. Printer tinta sublim 3. Gelas bening 4. Pilox clear 5. Lap kain 6. Rakel 7.Gunting 8.Oven listrik (jika ada)

Gelas Pokemon 2STEP 2 1. #Cetak /#Printing#gambar#pokemon yang akan kamu #dekorasi di gelas (cari diinternet banyak) pada #kertas#waterslidedecal2. Permukaan kertas yg lengket yg dicetak 3. Pastikan #printer kamu #epson bertinta "sublim" kalo ngga punya kamu bisa kamu beli di homedia.web.id4. Setelah tercetak (hight quality) keringkan dahulu dibawah sinar matahari /dengan hairdryer 5. Pengaturan Printernya seperti dibawah ini Yang perlu diketahui bahwa setting kertas “ PLAIN “ adalah menghasilkan tinta yang paling tipis.Sedang kan Glossy mengeluarkan tinta yang lebih banyak/ tebal. Tidak cukup hanya setting itu aja, agar tinta lebih tebal lagi, densitynya ( kepadatan ) ditambah.
Cara settingnya spt dibawah ini:

Pilih Printer yang akan anda pakai ( kalau saya pakai L300 atau L350 ), mungkin type lain pengaturannya juga lain. Setidaknya anda akan mengerti dan bisa mencari sendiri.

Klik Properties


Pilih Paper Type: Epson Premium Glossy
Pilih Quality : More Setting, setelah pilih More Setting, keluar cendela seperti dibawah ini
 

Geser Slider menuju ke Quality. Nanti jalannya printer akan lebih lambat dari biasanya ( normal )
Klik OK
Setelah itu klik More Options pada sebelah kiri atas

Klik Custom, dan Klik Advanced 


Bila muncul candela spt diatas, klik Color Controls, maka cendela akan berubah spt dibawah ini

Geser Slider Density kekanan . Klik OK. Sekarang anda sudah bisa mulai mencetak di atas kertas decal khusus untuk tinta sublime.
Garis yang mengganggu
Hasil cetakan anda akan terdapat garis warna yang mengganggu pada sekitar gambar, disebabkan tinta yang tebal, yang tidak cepat kering, sehingga tergilas oleh roda plastic kecil yang jumlahnya …….> Untuk keperluan percobaan tersebut, saya buka beberapa roda supaya tidak menggangu. ( Simpan yang baik, jangan sampai hilang ).


STEP 3 
IMG_20160724_152641_HDR 

setelah hasil #print dijemur dan kering (pada step 2) tahap selanjutnya adalah #coating #pilox #clear#Proses coating pilox dibuat 2-3 lapis caranya : 1. Semprot tipis permukaan #gambar dengan clear (semprotan pertama ini tipis seperti #video) dan biarkan agak kering 2. Setelah kering, timpa dengan coating clear 2-3 sampai permukaan gambar terkena pilox clear 3. Keringkan 1-2jam jangan lebih dari 1hari   


STEP 4 

Gelas Pokemon 3

setelah hasil #print yang sudah dicoating dijemur dan kering selanjutnya adalah menggunting pola gambar sesuai dengan kebutuhan

STEP 5Gelas Pokemon 4
IMG_20160724_190347_HDR

Setelah digunting sesuai kebutuhan celupkan gambar ke air tunggu beberapa saat (1menit ) sampai gambar bisa digeser


STEP 6

Gelas Pokemon 7 

1. Setelah potongan gambar dicelup dan bisa digeser tahap selanjutnya adalah menempelkan gambar pada permukaan benda /gelas 2. Basahi permukaan gelas sebelum ditempel agar gambar gampang di atur posisinya 3. Setelah sesuai lap gambar menggunakan rakel /kain untuk menghilangkan air yg berada dibawanya sampai bersih dan tidak ada gelembung  

STEP 7 (terakhir)
IMG_20160724_193835_HDR 

Setelah proses penempelan tahap terakhir adalah #finishingMasukan gelas yg sudah di tempel kedalam oven #listrik dengan #temperature 100-130 derajat selama 10 #menit . oven ini berfungsi untuk merekatkan gambar pada permukaan gelas dan membuat gambar menjadi lebih matang mengkilap Agar hasilnya lebih kuat dan keras, wajib untuk di oven 100 derajat selama 10-15 menit. Tidak boleh lebih dari 150 derajat, bisa menyebabkan gambarnya meleleh. Dengan dioven gambarnya juga akan lebih pekat dan lebih bagus.
SELESAI

Semua Bahan dan alat yang dibutuhkan bisa didapat di Homedia.web.id


Catatan
Warna hitam terlihat pekat, warna lain transparant
Setelah dioven warna hitam terlihat lebih pekat dan lapisan pilox menjadi lebih keras.
Bila gelas souvenir ini akan digunakan untuk minum setiap hari, dianjurkan/ diwajibkan untuk melapisi pilox atau clear varnish merk lainnya, disekitar tepi gambar.
Selamat mencoba, semoga sukses.